Pages

About

Mengkoneksikan Mikrotik dengan WinXP (Virtualbox)

Selamat pagi pemirsa blogger ..

Pada postingan aku kali ini, aku akan memberikan tutorial mengkoneksikan MikrotikOS (virtualbox) dengan Windows XP (OS asli) lagi lagi masih dalam lingkup virtual box hehe, karena itu termasuk dalam mata kuliah saya jadi saya mesti menyinggung sedikit.

Pertama anda instal dulu MikrotikOS dengan virtual box anda




Setelah berhasil terinstall masuk mikrotik dengan user:admin dan password dikosongi aja.

setelah itu kita buat ip pada salah satu ether terlebih dahulu. ketikkan perintah berikut pada command line :


ip address add address 192.168.0.3 netmask 255.255.255.0 interface ether1

perintah tersebut akan menghasilkan IP 192.168.0.3/24 pada interface ether1 , lalu tekan ENTER.






Pastikan ip anda telah berhasil terbuat dengan mengetikkan perintah

ip address print 




Setelah berhasil terbuat maka kita coba untuk PING ke WindowsXP . Sebelumnya saya sudah mengeset IP untuk windowsXP nya dengan ip 192.168.0.4 ketikkan perintah :

ping 192.168.0.4 (ip windows xp)





Setelah berhasil PING ke WIndowsXP maka lakukan sebaliknya dari WindowsXP ke MikrotikOS.


Nahh, jika pada Windows xp maupun mikrotik os berhasil ping ke tujuan berarti anda berhasil mengkoneksikan. Selamat mencoba !






0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.