Pages

About

Sharing koneksi Internet dari OS VIrtual

Nah.. ketika anda sudah berhasil menginstall OS virtual maka sekarang saya akan memberikan cara mensharing koneksi internet dari OS Virtual ke OS asli .. yaa pertama tama OS virtual anda harus mengenali device yang masuk, karena pada kali ini saya memakai modem usb untuk paket internetnya. Jika hal tersebut belum di setting maka disetting dulu di pengaturan machine.

Pertama, kita konfigurasikan Alamat IP di Os virtualnya, klik kanan Local area connection lalu properties dan pilih Internet protocol.



Nah setelah itu berikan IP sesuai keinginan anda, saya rekomendasikan pemberian IP yang sederhana saja .. karena pada saat kita akan mensharing koneksi ini, windows akan mengeset IP ke 192.168.0.1 secara default.
pada kali ini saya memberikan IP 192.168.0.1 lalu pilih OK dan OK lagi.
Setelah itu connect kan modem anda , setelah connect atur konfigurasi lagi masuk control panel lalu network and internet connection lalu pilih Network Connection. pada bagian wireless terminal
Klik kanan pilih Properties lalu pilih tab Advanced.




Pada internet connection sharing beri check box pada "Allow other network to connect through this computer's internet connection"
dan kedua checkbox dibawahnya .





Lalu kita pilih OK, pada saat ini kita akan diberi peringatan bahwa IP kita akan diset secara otomatis ke 192.168.0.1



Pemberitahuan penggantian IP otomatis

Nah setelah itu kita atur konfigurasi network OS asli kita. ingat kita atur yang Virtual Host Only bukan Local area network dari network fisik asli. Kita setting Ip address pada kali ini saya memakai 192.168.0.2 untuk mempermudah 

Kita isi Default gateway dan DNS Server dengan IP Os virtual kita tadi yaitu 192.168.0.1 untuk meminta jalur internet ke OS asli nya ini . jika kita tidak mengisi Default Gateway dan DNS Server maka kita hanya bisa berhubungan local dengan OS Virtual, namun tak dapat koneksi internet dari OS Virtual.

Setelah kita selesai mengkonfigurasi maka tak ada salahnya kita coba test koneksi internet dari OS asli.


Dan setelah saya coba ping ke google dapat reply, dan membuka alamat google dari browser pun berhasil terkoneksi. berarti kita sudah berhasil sharing koneksi Internet dari OS Virtual ke OS asli

Selamat Mencoba.




















2 comments:

Anonymous said...

gan mau nanya , aq install win xp di virtual box ... udah saya enable networknya ... tapi di device manager ethernet nya masih kuning ... kira2 gmana cara instal driver yg tidak ada di virtualbox ?

Aditya Sunajaya said...

waaaaahh.. mantaf bro.. gw udah praktikin di komputer REAL dan di Virtual Komputer juga .. dah Alhasil WORK 100% buat Sharing Internet menggunakan USB Modem / Modem Colok dengan Kartu Three.. hehehe..

Hatur Nuhun Gan..

Post a Comment

Powered by Blogger.