Pages

About

Menginstall Linux Ubuntu melalui Virtual Box



Assalamualaikum wr.wb


Hehe bertemu lagi di blog saya ya 

 kali ini saya akan berbagi hasil bagaimana menginstal Linux Ubuntu lewat virtual box. masih ingat kan apa itu virtual box ? pastinya.. nah mempersingkat waktu langsung saja saya jelaskan langkah-langkahnya :


Pertama2 jalankan virtual box mu jangan virtual box orang laen ya hehe . Klik Baru / New tergantung bahasa virtual box anda


Ciptakan Mesin Virtual Baru
Setelah itu berinama OS Virtual anda dan atur OS ke Linux dan Sub Ubuntu, Setelah itu setting RAM untuk mesin virtual anda . pastikan settingan ram anda ideal dengan spesifikasi PC fisik asli anda. tidak terlalu besar ataupun tidak terlalu kecil. sedang saja.
Mengatur besar RAM virtual
setelah mengatur RAM anda akan disuguhkan tampilan untuk mensetting HARDISK virtual. kali ni saya memakai Create new hardisk , VDI dan saya kasih cukup 15 GB saja . dalam settingan seberapa besar ukuran hardisk virtual ini terserah anda tidak ada persyaratan khusus. asalkan anda memiliki hardisk yang memadai.
Setting HARDSIK virtual
Setelah semua itu anda selesaikan anda akan disuguhkan parameter yang anda setting sejak awal tadi. pilih CREATE.
Parameter
Maka mesin virtual anda akan terbuat, tapi ini belum selesai.. anda harus masih menyetting boot device source disk dulu .. oke ? kalem..
Setting Source disk
Setting Boot Device
Setelah semua setting selesai, jalankan mesin virtual anda.
Nah pertama kali muncul dalam instalasi virtual Linux Ubuntu adalah pengaturan bahasa seperti gambar dibawah ini . 
Setting Bahasa Instalasi Linux Ubuntu

Kalo sudah lalu Install Ubuntu, dan setelah itu anda akan dihadapkan oleh tampilan pengaturan bahasa lagi namun pengaturan kali ini akan berpengaruh untuk settingan default system anda.
Setting Bahasa Default
Setelah setting bahasa, lalu setting waktu , setting layout keyboard, lalu anda akan mempartisi Linux anda.
Mengatur Partisi
Disini aku mambagi menjadi empat bagian yaitu untuk root /, "/home","/boot",dan swap  dan pemartisian ini menurut saya tidak ada ketentuan khusus..selama hardisk anda memadai hihihi




Setelah mempartisi anda akan mengatur Akun untuk Log In Linux anda nanti seperti gambar dibawah ini 
Pengaturan Akun
Setelah itu akan ditampilkan settingan parameter anda lagi lalu pilih Install
Parameter pengaturan
Biarkan proses instalasi berjalan, proses ini akan memakan waktu cukup lama, oiya lama proses pengnstalan ini juga dipengaruhi oleh kecepatan spek Pc anda lho..saya sudah buktikan bagaimana menginstal Linux Ubuntu ini Di PC rumah dan Di Netbook  saya dengan settingan machine yang sama. ya pastinya PC dirumah lebih mumpuni dari pada spek netbook saya yang memprihatinkan ehe ehe.
Proses Instalasi
Setelah proses instalasi selesai Linux akan meminta restart, sebaiknya anda matikan virtual machine anda terlebih dahlu untuk menyetting ulang Boot Device nya, diganti dengan hardisk yang sebelumnya tersettting CD/DVD untuk first boot. setelah itu biarkan booting linux,
Booting Linux



 dan jika muncul tampilan seperti gambar dibawah ini berarti anda berhasil menginstal Linux Ubuntu anda. SELAMAT !


Tampilan Awal Linux



















1 comments:

Unknown said...

mantap bos...
sangat membantu
fight trus....!

Post a Comment

Powered by Blogger.