Pages

About

Installasi Mikrotik

Pertama tama kita buat mesin virtual baru, berikan nama untuk nama mesin virtual Mikrotik anda. Saya beri nama Mikrotik dan OS Type Other begitu juga Version Other, mengapa demikian ? karena Si VirtualBox belum mengenali Sistem Operasi Mikrotik.



Lalu kita mengatur Memory untuk mesin virtual anda, untuk kali ini tidak memerlukan memory yang muluk2 karena sistem operasi mikrotik cukup ringan namun handal hehe.





Setelah itu kita atur seberapa besar Hardisk untuk mesin virtual mikrotik, nah pada pengaturan hardisk juga sama seperti pengaturan memory. OS Mikrotik cukup kecil dan tidak memakan banyak memory. saya cukup beri 2  GB


Lalu akan muncul tampilan dari hasil settingan yg sebelumnya kita setting tadi. Pilih Create.

  



Setelah jadi, kita atur settingan Storage pada mesin virtual, langkah ini di ibaratkan kita menyetting boot device di bios. kita mount file ISO mikrotiknya pada bagian IDE Controller lalu di attribute cari dan pilih file ISO mikrotik nya. setelah itu klik OK


Setelah itu kita Start atau nyalakan mesin virtual mikrotiknya, setelah muncul gambar dibawah ini kita tekan tombol "a" untuk menginstall semua paket instalasi mikrotik. setelah itu tekan "I" untuk menginstall .




setelah itu muncuk tulisan Do you want to keep old configuration ?  [y/n] pilih y

Lalu muncul lagi Warning : All data on the disk will be erased!
Continue ? [y/n] tekan y

Setelah itu akan dilanjutkan proses instalasi
 
Setelah instalasi selesai mikrotik akan meminta untuk reboot. jangan direboot dulu..lalu kita setting device kita. maksudnya unmount ISO mikrotik yang kita setting pada awal tadi. Jika sudah tekan ENTER, maka mikrotik akan merestart.


Jika sudah muncul gambar seperti dibawah ini berarti kita berhasil menginstal Mikrotik anda .
Ketikkan : 
User : Admin
Password : Kosongkan saja


0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.